MAN Bengkulu Selatan Laksanakan Asesmen Bakat Minat (ABM)

Bengkulu Selatan-Perdana pada tahun ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bengkulu Selatan melaksanakan Asesmen Bakat Minat (ABM) mulai tanggal 6-8 November 2023, walaupun  pada hari pertama ada beberapa kendala dalam aplikasi  namun kegiatan ini tetap berlangsung diikuti oleh siswa kelas XII. Pelaksanaan Asesmen terdiri dari tiga  sesi, setiap sesi terdiri dari 20 orang peserta.

Dalam rangkaian kegiatan, siswa mengikuti tes seperti tes bakat, penggunaan bahasa, dan tes minat. Proktor dan teknisi berperan penting dalam mengawasi jalannya kegiatan, memastikan proses berlangsung dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.



Asesmen Minat dan Bakat (ABM) merupakan tes yang mengukur kemampuan atau potensi umum seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. ABM bertujuan untuk memprediksi kemampuan seseorang dalam menguasai hal baru pada pekerjaan ataupun program pendidikan selanjutnya.

Kepala Madrasah, Buyung Kalil, M.Pd.I berharap pelaksanaan ABM ini dapat membuat arah pengembangan diri secara lebih jelas dan terencana melalui ABM tersebut siswa kelas XII nantinya dapat menentukan pemilihan jurusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

(Humas)