Inovasi Karya Kreatif Siswa/i MAN Bengkulu Selatan Dalam Memanfaatkan Limbah Biji Durian

Manna,8 September 2022. Dalam rangka mengikuti lomba inovasi karya kreatif tingkat SMA,MA, dan SMK sederajat, MAN Bengkulu Selatan mengirimkan 3 siswi terbaik untuk mengikuti lomba tersebut. Lomba ini diselenggarakan oleh Bappeda Litbang Kab. Bengkulu Selatan pada hari Kamis tanggal 8 September 2022, dan diikuti oleh siswa/i SMA,MA, dan SMK se Kabupaten Bengkulu Selatan.


Pada kegiatan lomba tersebut, Inovasi Karya Kreatif siswa/i MAN Bengkulu Selatan mengambil tema Pemanfaatan Sumber Daya Alam (Herbal) Dan Pelestarian Lingkungan, dengan judul: "Modernisasi dan Inovasi Kuliner Khas Seginim Sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Biji Durian". Adapun perwakilan yang diutus yaitu Siti Nurhaliza, Widia Wahayu Saputri & Okti Marizah di bawah bimbingan Ibu Nur Rizka Shella Nova dan Ibu Ruhamauliyah, dan didukung sepenuhnya oleh kepala MAN Bengkulu Selatan (Dr.H.Saefudin Zuhri, M.Pd.I).


Adapun karya inovatif yang ditampilkan Siswa/i MAN Bengkulu Selatan dalam lomba tersebut adalah dengan bahan dasar utama yaitu "Biji Durian" yang tidak dimanfaatkan oleh warga (dibuang) kemudian diolah sedemikianrupa menjadi intisari tepung dan dapat dijadikan sebagai bahan dasar utama dalam pembuatan bahan makanan yang mempunyai ciri khas tersendiri yang mungkin belum pernah di temui dan diolahan produk lainnya, khususnya di kabupaten Bengkulu Selatan.


Menurut beberapa sumber, biji dujian mempunyai beberapa manfaat di dalamnya. diantaranya mengandung vitamin C, Fosfor, Kalsium, Karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh, dan lain sebagainya. Tepung biji durian tersebut tak hanya dapat di buat bolu saja, akan tetapi tepung tersebut juga bisa di olah menjadi bahan  makanan/minuman lainnya.

Semoga karya inovatif siswa/i MAN Bengkulu Selatan ini dapat memberikan kontribusi yang baik dan bermanfaat untuk kita semua. Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat, Madrasah Mandiri Berprestasi.

Arief R